Pages

Jumat, 11 April 2014

LAPORAN OBSERVASI LEMBAGA SISTEM INFORMASI



BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah
Perkembangan jaman sekarang ini Teknologi Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Dunia. Dimana semua orang sudah mulai memiliki ketergantungan terhadap alat-alat teknologi Informasi, terutama Komputer. Komputer sebagai salah satu alat Teknologi Informasi kini sudah banyak sekali penggunaanya, dengan berbagai pengembangan akhirnya pada tahun 1969 berhasil dibuat suatu jaringan komputer dimana komputer-komputer dapat saling berhubungan dan pertama kali jaringan komputer tersebut disebut dengan ARPANET. Seiring semakin berkembangnya ARPANET, maka pada tahun 1972 mulailah jaringan komputer yang kini kita sebut sebagai Internet mulai diperkenalkan. Dengan berbagai perkembangan yang dilakukan para ahli terhadap konsep jaringankomputer, maka sampai saat ini jaringan komputer sudah dapat terhubung dari satu belahan dunia ke belahan dunia lainnya dengan jarak yang berjauhan.
Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.
 Dengan banyaknya manfaat yang dirasakan oleh para pengguna internet, maka internet kini sudah banyak pemanfaatnya, misalnya di Bidang pendidikan, Ekonomi,Pemerintahan, dan yang lainnya. Dalam bidang pendidikan, Internet dan atau jaringan komputer telah banyak di manfaatkan untuk E-Learning, E-Library yang sangat memudahkan para pelajar untukmendapatkan Informasi-informasi yang mereka butuhkan. Mereka dapat berbagi E-book,pengalaman mereka, lagu-lagu, dan yang lainnya melalui media Internet. Pembelajaran lewat internet yang telah banyak diterapkan disekolah-sekolah juga sangat banyak sekali manfaatnya, dengan adanya Jaringan komputer yang diterapkan di sekolah-sekolah itu akan memudahkan proses pembelajaran, ditambah dengan kemajuan teknologi Wireless yang,sehingga para siswa sekolah dapat ber-internet dengan mudah di lingkungan sekolah, yang tentunya ditujukan untuk bidang pendidikan pula. Untuk mengetahui penggunaan jaringan yang di pakai di dunia pendidikan.








2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah kami bahas di atas, kami memiliki beberapa masalah untuk diselesaikan dalam laporan observasi ini, di antaranya yakni:
1.      Apakah definisi dari Hardware, Software, dan Brainware?
2.      Apasaja komponen-komponen dari Hardware, Software, dan Brainware?
3.      Jaringan internet apakah yang dipakai di lembaga organisasi sistem Informasi?
3.      Tujuan
Adapun tujuan-tujuan kami menyusun makalah ini yakni untuk:
1.      Mengetahui definisi dari Hardware, Software, dan Brainware
2.      Mengetahui komponen-komponen dari Hardware, Software, dan Brainware
3.      Mengetahui Jaringan internet apakah yang dipakai di lembaga organisasi sistem informasi




BAB II
PEMBAHASAN




A.     Jaringan Komputer

Dalam observasi ini saya membahas tentang lembaga organisasi sistem informasi yang di dalamnya menyangkut tentang jaringan komputer  membahas tentang definisi-definisi dari Hardware, Software, dan Brainware terlebih dahulu.

1.      Hardware
Hardware disini adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan dipegang secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, hardware dalam komputer dibagi menjadi 3, yakni :
1.1  Input
Input terdiri dari keyboard dan mouse. Input ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
Ø  Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
Ø  Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.



Peralatan input ini terdiri dari beberapa macam bagian, yaitu :
1.1.1        Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.




1.1.2        Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

1.2 Process
Process adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Dan ini adalah alat yang berfungsi untuk mengolah data dari alat input diproses supaya tersajikan melalui alat output, dan alat ini terletak di CPU.

1.3  Output
Output adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan data yang sudah diolah dari proses. Output terdiri dari, Monitor, Printer, dan Speaker.
1.3.1        Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

1.3.2        Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet, dan Printer Laser Jet.

1.3.3  Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

2.      Software
Software merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Software adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.


Software komputer berfungsi untuk :
Mengidentifikasi program
Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Adapun macam-macam software, yakni:


2.1  Sistem Operasi
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah:
Menyimpan program dan aksesnya
Membagi tugas di dalam CPU
Mengalokasikan tugas-tugas penting
Merekam sumber-sumber data
Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
Memeriksa kesalahan sistem
Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.
Di dalam lembaga Al-Yasini, mereka menggunakan sistem jaringan Wifi dan Jibas. Yang dimaksud Jibas yaitu jaringan informasi bersama. Jibas ini digunakan secara Online dalam bentuk file. Semua data di sekolah ini sudah masuk kedalam Jibas. Dalam lembaga ini, Jibas baru digunakan pada tahun 2012. Yayasan Al-Yasini merupakan pusat tempat servernya.

2.2  Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah  perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program  pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
Program Aplikasi yang digunakan didalam lembaga Al-Yasini yaitu berupa Linux dan Windows. Linux disini mempunyai kode sumber terbuka atau bersifat umum dan juga diperbolehkan untuk merubah kodenya. Dari lingkungan masyarakat disekitar Al-Yasini banyak yang menggunakan Linux, Dikarenakan gratis atau tidak dipungut biaya. Tetapi Linux lebih sulit pemakaiannya dari pada windows, Itulah kekurangan Linux.
Adapun kelebihan dan kekurangan Linux yaitu, pada kelebihannya Linux sangat kebal terhadab virus, jadi 99% tidak mungkin terkena virus. Dan jika digunakan untuk mendownload atau yang lain Linux itu gratis atau tanpa dipungut biaya. Dan salah satu dari kekurangan Linux yaitu lebih sulit memakainya dari pada Window yang slama ini kita pelajari.

            Demikian dengan Windows, Windows juga memiliki kelebihan dan kekurangan sama halnya dengan Linux. Kelebihan Windows salah satunya yaitu lebih mudah pemakaiannya. Sedangkan untuk kekurangan Windows yaitu sering mudah terkena virus dan tidak kebal terhadap virus (banyak virus), dan juga harga Windows relatif mahal.

3.      Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan. Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
Adapun komponen-komponen dari Brainware yakni:

3.1  Sistem Operasi
Operator yakni orang yang bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer, dan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia di dalam komputer.
Dalam lembaga yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan jaringan komputer adalah semua warga sekolah yaitu para siswa-siswi dan para guru.

3.2  Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
Adapun untuk administrator dalam lembaga.




BAB III
PENUTUP


1.      Kesimpulan
Dari laporan yang kami susun, kita dapat menyimpulkan bahwa antara Hardware, Software, dan Brainware adalah satu kesatuan. Yang artinya bahwa Hardware, Software, dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi manusia.
Adapun kekurangan dan kelebihan Linux dan Window disini adalah mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama:
-          Kelebihan Linux
Kebal terhadap virus, dan tanpa dipungut biaya.
-          Kekurangan Linux
Sulit pemakaiannya
-          Kelebihan Windows
Mudah penggunaannya, dan hargnya murah
-          Kekurangan Windows
Banyak virus

2. Saran
            Dalam laporan observasi ini yang masih perlu di diskusikan dan masih banyak kekurangannya dalam isi dan lain sebagainya. Disini kami mengharap saran kepada pembaca untuk membantu kesempurnaan makalah yang sudah kami susun ini. Karena kami juga masih membutuhkan referensi-referensi lain untuk menyempurnakan makalah kami.
            Kebenaran menurut kita belum tentu benar bagi orang lain, Kebenaran orang lain belum tentu sama benar dengan kita, dan kebenaran menurut kita semua belum tentu benar bagi Tuhan Yang Maha Esa.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

http://rickyskadesign.blogspot.com
http://id-id.facebook.com/reyqie"